Selamat Datang di Blog ini | Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1433 Hijriah | Semoga berkah segalanya, amin..

Saturday, December 3, 2011

Cara Burning CD/DVD Tanpa Software & Nero StartSmart

Hy mas dan mbak bro, ketemu lagi kita diartikel yang ke-26. Disini gue bakalan ngasih tau ke loe semua tentang cara burning CD/DVD. Tapi sebelumnya, ada yang tau nggak apa itu burning? burning itu artinya Bakar, tapi bukan bakar pake api yah, haha. Bakar disini maksudnya yah menempatkan data atau file ke kaset CD/DVD. Tapi ingat, kaset yang sudah digunakan atau di burning tidak dapat lagi digunakan untuk kedua kalinya. Dan ingat, ada beberapa cara dalam burning CD/DVD, yang pertama menggunakan software yang mendukung seperti Nero, kemudian ada juga yang menggunakan bawaan dari Laptop atau Komputer. tapi sekarang yang gue ketahui, OS yang mendukung software bawaan burning itu adalah Windows 7. Jadi, kalau hanya ingin burning, nggak usah lagi instal aplikasi dan software yang aneh aneh. Okay, langsung aja yah gue kasih tau kalian cara caranya.

So, check this out...

~~~

Yang pertama yaitu burning tanpa menggunakan Software (khusus Windows 7) :

untuk burning file ke keping CD atau DVD caranya sangat mudah, cukup klik kanan file ISO yang ingin loe burning dan pilih Burn disc image.
Burn File ISO Pada Windows 7 Image
Hal ini akan membuka sebuah jendela baru Burn Disc Image dimana kamu bisa memilih CD atau DVD drive yang akan digunakan sebagai media burning. Jangan lupa untuk memberi tanda pada Verify disc after burning. Klik tombol Burn untuk memulai burning.
Burn File ISO Pada Windows 7 Image
Ketika burning berlangsung, loe akan dapat melihat indikasi berapa persen proses yang telah berlangsung pada jendela Burn Disc Image.
Burn File ISO Pada Windows 7 Image
Setelah proses burning selesai, loe akan mendapat sebuah pesan yang menandakan proses burning telah selesai dilakukan. Klik tombol Close untuk menutup jendela Burn Disc Image dan CD/DVD loe siap untuk digunakan.
Burn File ISO Pada Windows 7 Image

~~~

Sekarang adalah cara yang dapat loe gunakan dalam memakai software Nero yang file contohnya adalah VCD.

Langkah 1
Buka Nero Startsmart loe dan pastikan telah terinstall dikomputer loe dengan baik dan pastinya bukan bajakan :D
cara membukanya klik 2x pada desktop icon Nero atau ke menu Start > Programs > Nero 7 Essentials > Nero Startsmart Essentials.Membuka Nero Startsmart Essentials
Langkah 2
akan terbuka program aplikasi Nero Startsmart seperti gambar dibawah iniInterface Nero
Langkah 3
untuk membakar file berupa data, artinya file yang telah kita bakar nanti hanya bisa dibuka dikomputer bukan seperti video, pilih Data > Make Data CD
Make Data CD
Langkah 4
akan terbuka window baru seperti gambar berikut, klik tombol Add untuk memilih file yang akan dibakar.membakar CD dengan Nero
Langkah 4
Terbuka lagi window baru, pada interface window ini, kita dapat memilih file atau folder mana yang akan kita bakar, untuk membakar perfile, klik 2x pada folder dan klik filenya, misal file photo loe, tapi jika loe ingin membakar keseluruhan isi folder misal folder “Software” seperti gambar dibawah ini langsung klik tombol Add dibagian bawah kiri jika telah selesai klik Close.
Menambah File dan folder
Langkah 5
Setelah loe close, window Nero Express Essentials akan terbuka kembali dan lihat penjelasan lainnya pada gambar berikut ini,membakar CD dengan Nero express essentialsSatu hal yang perlu loe ketahui, untuk CD blank biasa, kapasitasnya hanya sebesar 700 MB, jika lewat maka prosesnya tidak akan berjalan. Jadi pastikan ukuran file yang akan loe bakar tidak lebih dari 700 MB. Lain halnya untuk membakar DVD.  Jika semua telah selesai, Tekan tombol Next untuk melanjutkan

Langkah 6
Atur bagian yang loe perlukan seperti penjelasan berikut.Nero Express Essentials Tekan Burn untuk memulai membakar CD.

Langkah 7
Pembakaran sedang berlangsung, harap berhati hati jika CD loe akan hangus setelah proses pembakaran   hehe..
proses pembakaran CD sedang dalam proses
Note : Jika sebelumnya loe telah memasukkan CD kosong ke dalam CD Room maka proses diatas akan langsung berjalan, tapi jika CD room loe masih kosong maka CD room akan terbuka dan meminta loe untuk memasukkan CD Blank loe.

Langkah 8
Proses bakar membakar telah berhasil!CD siap dibakar 2 Disc loe akan keluar (Eject) dengan sendirinya

Langkah 9
  • Tekan Next atau loe akan langsung terbawa kewindow selanjutnya seperti gambar dibawah, CD siap dibakarNew Project : untuk membuat atau membakar file baru.
  • Cover Designer : untuk mengedit Cover atau label CD loe, dan mencetaknya dengan printer.
  • Save project : untuk menyimpan projek tadi.
Jika loe tidak ingin membakar, mendesain cover baru atau menyimpannya tutup program aplikasi Nero disudut kanan atas.

~~~

Nah itulah tadi sebagian dari ilmu yang udah gue dapatkan. Dan atas kunjungannya thanks yah. Bye ... :*

~~~
sumber : Sumber 1 dan Sumber 2

0 comments:

Post a Comment